container rowdiv id=

Kuliah Tani Ala CARE IPB Rutin di Indramayu dan Majalengka

CARE Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) rutin memberikan Kuliah Tani di Indramayu dan Majalengka. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pendampingan agribisnis hortikultura, kerjasama CARE LPPM IPB dengan PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field. Sasaran Kuliah Tani adalah ibu-ibu petani yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu dan Desa Bongas Wetan dan Cidenok Kecamatan Sumberdaja, Kabupaten Majalengka.

 “Tujuan kegiatan Kuliah Tani ini adalah untuk meningkatkan kapasitas ibu-ibu petani yang tergabung dalam KWT. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendiseminasikan hasil-hasil inovasi IPB kepada masyarakat,” demikian dipaparkan Adi Firmansyah, Ketua Divisi Pemberdayaan Masyarakat CARE LPPM IPB. “Instruktur dalam Kuliah Tani ini adalah Tim CARE LPPM IPB dan para sarjana alumni IPB yang bertugas sebagai pendamping desa,” lanjut Adi.
Kuliah Tani di KWT Desa Karanganyar telah diadakan enam kali. Adapun materi yang disampaikan adalah teknik budidaya tanaman, administrasi dan kelembagaan, pembuatan mol dan pupuk organik, hama dan penyakit tanaman, pestisida nabati, serta budaya dan etos kerja, serta budidaya pertanian secara hidroponik.

“Selain Kuliah Tani, CARE LPPM IPB juga memfasilitasi pembuatan demplot hortikultura di masing-masing KWT. Dengan demikian peserta bukan hanya mendapat pengetahuan teori, juga sekaligus mengaplikasikan ilmu kuliah taninya di lokasi demplot dan pekarangan masing-masing,” papar Adi yang juga merupakan koordinator Sarjana Pendamping Desa CARE LPPM IPB.

Selain peserta ibu-ibu petani, dalam beberapa kegiatan kuliah tani ini, juga dihadiri pemerintah desa setempat, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Babinsa setempat. Seluruh peserta antusias dan semangat untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat.
“Kami berharap Kuliah Tani dari CARE IPB ini dapat terus dilaksanakan, karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kami,” ujar Ibu Cayi, salah satu anggota kelompok KWT di Cidenok Majalengka. (af/ris)
Sumber: https://kumparan.com/news-release-ipb/kuliah-tani-ala-care-ipb-rutin-di-indramayu-dan-majalengka