CARE IPB gelar ruang berbagi tentang pemasaran online produk-produk UMKM menghadapi era new normal
CARE IPB gelar ruang berbagi tentang pemasaran online produk-produk UMKM menghadapi era new normal
Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Berbagai jenis usaha terkena imbasnya, misalnya restoran, pasar, pusat perbelanjaan, transportasi online, hingga para pemilik UKM. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pelaku UMKM dan pemasar harus melakukan strategi untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi bertahan di tengah pandemi virus corona. Salah satu yang dilakukan para pelaku bisnis adalah mengoptimalkan pemasaran online. Atas dasar tersebut CARE LPPM IPB menyelenggarakan kegiatan Ruang Berbagi dengan topik: “Strategi Pemasaran Online Produk2 UMKM di Era New Normal”. Acara ini diselenggarakan tanggal 15 Juni 2020. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan sharing informasi kepada UMKM tentang pemasaran online. Narasumber yang berbagi adalah (1) Prof Dr. Ir. Rizal Syarief (Ketua Dewan Penasihat CARE IPB; Guru Besar Sekolah Bisnis IPB), (2) Isma Firliani, SPt (Pendamping Program Comdev Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field), (3) Tim Halal Plaza dan Freemo (Penyedia teknologi e-commerce). Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari para pelaku UMKM, peneliti maupun akademisi. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Turut juga hadir perwakilan dari PT Pertamina EP Asset 3 sebagai pembina UMKM di wilayah Indramayu, Karawang, Majalengka dll.
Buku Materi dapat diunduh pada link berikut:
[gview file=”https://caredev.ipb.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Materi-Ruang-Berbagi3-Pemasaran-Online-UMKM.pdf”]