CARE

Menggerakkan Perubahan: Paradigma Baru Penyuluhan dan Pemberdayaan untuk Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan di Era Digital

Menggerakkan Perubahan: Paradigma Baru Penyuluhan dan Pemberdayaan untuk Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan di Era Digital

Di era digital, penyuluhan dan pemberdayaan memiliki peran penting dalam pengembangan masyarakat berkelanjutan. Era digital telah membawa perubahan besar dalam paradigma penyuluhan dan komunikasi pembangunan dan cara masyarakat berkomunikasi, berbagi informasi, dan mengakses sumber daya. Dalam buku ini, dijelaskan dinamika perubahan paradigma penyuluhan dan pemberdayaan dalam konteks pengembangan masyarakat berkelanjutan di era digital.

Perkembangan teknologi komunikasi digital terjadi sangat pesat dan menjadi suatu keniscayaan, tetapi belum sepenuhnya diikuti dengan sikap adaptasi yang tepat dalam implementasi di kehidupan masyarakat, sehingga terjadi kesenjangan informasi (unequity digital communication). Kesenjangan informasi ini berdampak pada kesenjangan kemampuan masyarakat dalam beradaptasi terhadap dinamika perubahan lingkungan strategisnya. Dibutuhkan konsep yang implementatif tentang sinergi komunikasi dan penyuluhan pembangunan dalam implementasi pembangunan nasional.

Buku ini berjudul:  Menggerakkan Perubahan: Paradigma Baru Penyuluhan dan Pemberdayaan untuk Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan di Era Digital.  Buku ini terdiri dari enam bagian. Bagian pertama pengantar, berisi tentang pentingnya perubahan menuju pembangunan berkelanjutan, tujuan dan konteks buku, serta tantangan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat. Bagian kedua, konsep penyuluhan dan pemberdayaan dalam pengembangan masyarakat. Bagian ketiga, isu-isu global dalam pembangunan berkelanjutan. Bagian keempat, paradigma baru penyuluhan dalam transformasi berkelanjutan, Bagian kelima, pemberdayaan masyarakat dalam konteks pembangunan berkelanjutan. Dan, bagian keenam tentang cyber extension: teknologi, inovasi, dan transformasi sosial.

Download Buku