container rowdiv id=

Kepala Pusat

Prof. Dr. Ir. Sumardjo, MS.  DSC_0072Kepala Pusat. Lahir di Sukoharjo, 25 Februari 1958. Riwayat Pendidikan, 1976 lulus SMA Negeri 1 Karanganyar Solo, 1982 lulus Jurusan Ilmu-ilmu Sosial-Ekonomi FAPERTA IPB, 1988 lulus magister sains Sosiologi Pedesaan, 1999 lulus doktor dalam bidang Penyuluhan Pembangunan IPB. Menjadi guru besar dalam Bidang Penyuluhan Pembangunan sejak 2007 pada Fakultas Ekologi Manusia IPB. Kini menjadi anggota Senat Akademik IPB sebagai perwakilan guru besar; dan anggota Komisi Pascasarjana IPB sebagai perwakilan FEMA. Kini menjadi Ketua Program Studi bidang Penyuluhan Pembangunan Pascasarjana IPB.  Sebelumnya Ketua Program Studi Pascasarjana S2 dan S3 bidang Komunikasi Pembangunan Pertanian (KMP) 2003-2009 dan Ketua Program Studi Sarjana Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat tahun 2000-2003..

Tahun 2000-2003 menjadi kepala bagian Penyuluhan Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian FAPERTA IPB. Sejak tahun 2003-kini menjadi Kepala Laboratorium/ Bagian Komunikasi dan Penyuluhan pada Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia. Menjadi peneliti dan pengelola data dan dokumentasi Pusat Studi Pembangunan periode 1983-1993. Kini menjadi Kepala Pusat Kajian Resolusi Konflik dan Pemberdayaan (CARE LPPM IPB) sejak 2009 sampai sekarang. Dalam bidang profesi, kini menjadi Ketua Komisi Penyuluhan Pertanian Nasional dan menjadi anggota sejak tahun 2004, Anggota Dewan Pakar pada Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI), Ketua Umum Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI), Working group untuk pengembangan sertifikasi profesi penyuluhan dan fasilitator pemberdayaan masyarakat di Indonesia dan Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Penyuluh Sosial Indonesia. Dalam pengabdian pada masyarakat 2000-2003 sebagai Direktur Program dan Pengembangan pada Center for Regional Resources Development and Community Empowerment (CRESCENT), 2005-2007 menjadi Direktur Program dan Pengembangan pada Center for Human Resources Development and Applied Technology (CREATE). Kini menjadi anggota Tim Pemberdayaan Masyarakat LPPM IPB dan Tim Pokja Revitalisasi Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (PSP3) KEMENPORA RI.

Saat ini sedang menggeluti (ketua tim) pengembangan model resolusi konflik dalam masyarakat di sekitar tambang menggunakan dana kompetitif penelitian strategis dari DIKTI. Beberapa tahun sebelumnya juga mengembangkan kajian (sebagai ketua tim) model pengembangan SDM Pertanian menuju pertanian berbudaya industri di era globalisasi dari dana hibah bersaing Dikti. Telah banyak karya ilmiah yang ditulis dalam bentuk Buku, Jurnal, Hasil Penelitian, Hasil Pemberdayaan Masyarakat, maupun makalah seminar dalam berbagai forum seminar : ketahanan pangan; penyuluhan pertanian; pemberdayaan masyarakat; komunikasi pembangunan; pengembangan wilayah perdesaan; pengembangan kemitraan; corporate social responsibility; dan pemberdayaan masyarakat. Buku-buku yang telah diterbitkan dalam lima tahun terakhir antara lain: “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir” (Crescent), “Pemberdayaan Sosial Menuju Masyarakat Mandiri” (Gramedia Media Sarana); “Pembangunan dan Kemiskinan di TTS” (Yayasan Obor); “Kemitraan Agribisnis” (Penebar Swadaya); dan masih banyak karya buku yang lainnya dan karya-karya pada tahun-tahun sebelumnya.

Kontak: sumardjo@careipb.or.id