container rowdiv id=

Stasiun Lapang Agro Kreatif (SLAK) Peternakan Domba Terpadu di Pasirukem, Cilamaya Kulon

Stasiun Lapang Agro Kreatif  (SLAK) Peternakan Domba Terpadu di Pasirukem, Cilamaya Kulon

Desa Pasirukem merupakan salah satu desa yang berada di ring 1 kegiatan operasional PT. Pertamina EP Asset 3 Subang. Secara administratif Desa Pasirukem berada di Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang. Berdasarkan hasil kajian social mapping yang telah dilakukan oleh Pusat Kajian Resolusi Konflik dan Pemberdayaan (CARE) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) di awal 2014 lalu, serta berdasarkan hasil Diskusi Terfokus (Focus Group Discussion) dengan pemerintah desa setempat serta tokoh masyarakat, salah satu komoditas yang layak dikembangkan di dua desa tersebut adalah ternak domba. Pengembangan ternak domba di desa ini dinilai tepat karena didukung oleh potensi pasar, ketersediaan rumput/pakan, serta kesesuaian dengan budaya masyarakat setempat. Atas dasar tersebut PT. Pertamina Asset 3 Subang Field pada tahun 2014 melaksanakan Program Pemberdayaan Ternak Domba Terpadu di Desa Cidahu. Kegiatan ini bertujuan: (1) meningkatkan kapasitas masyarakat dalam usaha ternak domba, (2) membuka peluang berusaha dan memanfaatkan waktu luang, (3) meningkatkan pendapatan masyarakat. (4) Turut berkontribusi dalam pembangunan sektor peternakan. Pola usaha yang dikembangkan adalah pola perguliran ternak. Sistem kandang yang dikembangkan adalah kandang terpadu, artinya para peternak secara bersama-sama mengusahakan ternak domba di kandang tersebut. Melalui model kandang domba terpadu ini kedepan diharapkan di kedua lokasi ini akan menjadi pusat kegiatan belajar masyarakat serta sentra budidaya ternak domba. Perencanaan usaha kedepan diharapkan kelompok selain melaksanakan usaha budidaya ternak, juga melakukan usaha pengolahan hasil ternak, pengolahan kompos, serta pengolahan berbagai produk lainnya yang berbasis ternak domba.

Untuk melaksanakan program pengembangan ternak domba terpadu ini, PT. Pertamina EP Asset 3 Subang menggandeng CARE LPPM IPB untuk mendampingi masyarakat, khususnya para peternak dalam menjalankan usahanya. Pendampingan yang diberikan berupa teknik beternak yang baik, manajemen usaha serta manajemen pemasaran. Secara khusus, Pertamina EP dan CARE LPPM IPB menempatkan sarjana pendamping yang live in di lokasi sehingga diharapkan akan intensif mendampingi masyarakat.Pada 2014 lalu PT. Pertamina EP 3 Asset Subang Field memberikan bantuan 40 ekor domba, kandang beserta perlengkapannya kepada Kelompok Peternak. Kerjasama ini menandai telah dumulainya kemitraan A (academy: IPB), B (Bussines: Pertamina EP) G (Goverment: pemerintah dan SKPD setempat) dan C (Community: masyarakat Cidahu dan Pasirukem). Setelah acara serah terima, dilanjutkan dengan pelatihan bagi peternak.

Kegiatan ini telah berjalan hampir 2 tahun, dan kelompok telah menerapkan inovasi-inovasi terkait pertenakan, antara lain: pengembangan burger pakan sebagai pakan alternative, pemanfaatan limbah ternak menjadi biogas, pemanfaatan limbah biogas untuk pertanian, serta kedepan kelompok akan memanfaatkan limbah biogas untuk perikanan lele. (af)

Leave a Reply