container rowdiv id=

Ketua Dewan Penasihat

350_250_Prof Rizal Syarif

Prof. Dr. Rizal Syarief, DESS, Ketua Dewan Penasihat. Lahir di Yogyakarta, 9 April 1948 adalah Guru Besar Ilmu Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) sejak tahun 1995. Pendidikan tinggi penulis di tempuh di institut Pertanian Bogor dalam bidang mekanisasi pertanian (1973). Meraih Diplome d’Etudes Superieur Scientifique (DESS) dalam teknologi industri di Institut Superieur de Genie Industriel (ISGN) de Nantes (1980) dan pada tahun yang sama juga meraih Diplome d’Etudes Aprofondie di UER Science Universite de Nantes. Memperoleh gelar Doktor dalam Ilmu Pangan (Biofisika Pangan) pada tahun 1983 di INRA Universite de Nantes.

Ketertarikannya dalam solusi konflik dilatarbelakangi oleh pengalamannya dalam pembinaan makanan jajanan khususnya pedagang kaki lima yang sarat dengan konflik vertikal dan horizontal. Kegiatan tersebut bernaung di bawah kerjasama antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Belanda pada Tahun 1990/1991 dengan tema the Wholesomeness Of Common People’s Food In Indonesia. Tahun-tahun berikutnya penulis memberikan konsultasi dan advokasi kepada Pemerintah Daerah dalam pembinaan makanan jajanan atas penugasan Departemen Kesehatan yang bekerjasam dengan FAO-UNDP-WHO.

Pada kurun waktu 2000-2003 Prof Rizal mendalami Alternative Dispute Resolution di Arizona State University (USA) dengan mengangkat kasus berbagai konflik di Indonesia. Penulis mendapat Certified Moderator setelah menyelesaikan serangkaian training di Rural Mediation and Finance Rural Alternative Dispute Resolution Unit di bawah University Arizona State. Aktif dalam penetapan regulasi di bidang pangan. Pada tahun 1995 -1998 beberapa kali memimpin delegasi RI di dalam sidang-sidang Codex Alimentarius Commision yaitu yang menyusun norma pangan di bawah FAO WHO. Tahun 2003-2007 penulis menjadi CEO dari Moniqa lembaga Internasional yang menangani Monitoring and Quality Assurance in The Food Supply Chain yang berkedudukan di Vienna Austria.

Prof Rizal menjabat kepala Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM IPB) dari tahun 1996 sampai 2003, setelah sebelumnya menjabat Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pangan (1988-1995). Pada tahun1995 penulis di kukuhkan sebagai Guru Besar (Profesor) tetap IPB dalam bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Gizi. Saat ini penulis menjabat sebagai Governong Board di Pusat Kajian Resolusi Konflik dan Pemberdayaan (CARE) LPPM IPB. Dari 10 judul buku hasil karya penulis hanya 2 judul yang bertemakan solusi konflik yaitu HASTABRATA Teori Kepemimpinan Harmoni Berbasis Kearifan Lokal (2009) dan Solusi Konflik Alternatif Bagi Orang Sulit (2012).

Kontak: rsyarief@careipb.or.id