container rowdiv id=

Pentingnya Branding dan Packaging UMKM

Pentingnya Branding dan Packaging UMKM

IMG-20160426-WA0016Tim Pendamping CARE LPPM IPB, PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field, PKBM Assolahiyah, dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan “Seminar KUPEK dan Fasilitasi Kemasan” pada tanggal 26 April 2016. Dalam kegiatan ini diangkat tema seminar yaitu “Pentingnya Branding dan Packaging UMKM”. Kegiatan ini berawal dari keluhan para pelaku UKM yang mengaku sulit untuk menentukan merk dagang dan belum paham bagaimana kemasan yang baik dan layak untuk olahan pangan.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon ini dihadiri oleh 20 pelaku UKM olahan pangan yang tergabung dalam KUPEK. Dalam kegiatan ini peserta diberikan pemaparan mengenai branding dan packaging suatu produk oleh H. Anwar Musadad, Ketua Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang. “Branding dan packaging merupakan identitas suatu produk dan itu sangat diperlukan dalam memudahkan pemasaran produk itu sendiri” jelas H. Anwar.

Kelompok Usaha dan Pengembangan Ekonomi Keluarga (KUPEK) Assolahiyah merupakan wadah yang berada dibawah PKBM Assolahiyah yang juga merupakan kelompok binaan CSR PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field. KUPEK menaungi UKM-UKM yang berada di Kecamatan Cilamaya Kulon. Saat ini tercatat sudah ada 40 UKM yang tergabung di KUPEK. Kelompok yang tergabung di KUPEK terdiri dari kelompok olahan pangan, konveksi, dan pedagang keliling.

Siti Marini yang merupakan ketua KUPEK Assolahiyah mengatakan, “kami masih harus memperbaiki kemasan yang sudah kami buat, karena pada kenyataannya sulit untuk memasarkan produk dengan kemasan yang biasa-biasa saja”. Para peserta juga mendapatkan ilmu baru setelah mengikuti kegiatan seminar ini. Yuyun, salah seorang peserta dan pemilik Aya Snack, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “kami jadi paham bagaimana harus membuat merk dan memperbaiki kemasan untuk produk kami agar lebih menjual”. KUPEK sendiri sudah menyebar pemasarannya di outlet-outlet milik pemerintah, salah satunya di “Outlet Oleh-oleh Khas Karawang” milik Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang di rest area KM 72 tol Jakarta-Cikampek.

Di akhir kegiatan, PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field memberikan bantuan fasilitasi kemasan kepada pelaku UKM melalui KUPEK. “Diharapkan bantuan ini dapat menaikkan nilai jual produk UKM dan memudahkan kelompok dalam pemasarannya” Ucap Rima, CDO PT Pertamina EP Subang Field (im).