container rowdiv id=

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pakan Alternatif Buatan

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pakan Alternatif Buatan

Pada tanggal 11 Februari 2016, CARE LPPM IPB dan PT. Pertamina EP Asset 3 Subang Field telah melaksanakan kegiatan pelatihan mengenai peembuatan pupuk organik dan pakan alternatif buatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kandang Terpadu Kelompok Bina Usaha Mandiri di Desa Pasirukem, Kecamatan Cilamaya Kulon, yang merupakan binaan dari PT. Pertamina EP Asset 3 Subang Field. Pelatihan ini diperuntukkan kepada peternak-peternak dari desa-desa sekitar lokasi kegiatan PT Pertamina EP Subang Field, seperti.

Pelatihan ini didasari oleh beberapa permasalahan yang muncul di peternak-peternak di Cilamaya Kulon. Antara lain kesulitan mencari pakan rumput di saat musim hujan dan belum dimanfaatkan dan diolah kotoran atau limbah yang dihasilkan oleh ternak yang dipelihara oleh petani. Pada pelatihan kali ini diberikan pengenalan dan pemahaman bagaimana cara peternak mengatasi permasalahan pakan tersebut, yaitu dengan pembuatan Burger Pakan. Burger pakan ini merupakan sebuah produk olahan pakan yang menggunakan jerami, batang pisang, dedak halus, serta bahan-bahan lainnya yang difermentasikan. Keunggulan dari burger pakan ini  adalah peternak dapat menyimpan pakan-pakan yang telah dibuatnya agar dapat mengatasi permasalahan rumput di musim penghujan.

Selain bertujuan memberikan pengetahuan baru kepada peternak untuk mengatasi permasalahan pakan, pelatihan ini juga bertujuan memberikan pengetahuan pengelolaan pupuk organik kepada peternak-peternak lokal. Pupuk organik ini merupakan pupuk yang dibuat dengan berbahan dasar kotoran ternak yang selama ini belum termanfaatkan. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini peternak-peternak dapat memanfaatkan dan mengolah limbah kotoran ternaknya sebagai pupuk.

Pada kesempatan pelatihan ini juga para peserta pelatihan diperkenalkan kepada teknologi biogas yang telah diterapkan di kandang terpadu kelompok Bina Usaha Mandiri yang memanfaatkan kotoran domba dalam penggunaannya. Instalasi biogas ini merupakan yang pertama aktif di wilayah Kabupaten Karawang. Instalasi ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak dan menyalakan lampu khusus biogas.

Leave a Reply