container rowdiv id=

Pelatihan Pemanfaatan Sampah untuk Budidaya Toga dan Sayuran di Desa Karanganyar, Indramayu

Pelatihan Pemanfaatan Sampah untuk Budidaya Toga dan Sayuran di Desa Karanganyar, Indramayu

Pelatihan Pemanfaatan 1

Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu merupakan salah satu desa binaan PT Pertamina EP Asset Jatibarang Field, bekerja sama dengan CARE LPPM IPB. Salah satu hasil program pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh CARE LPPM IPB di desa tersebut adalah berdirinya Bank Sampah Serbaguna. Bank Sampah ini sudah berdiri selama satu tahun sejak 2015 dengan fasilitas sekretariat, gudang pengumpulan sampah, dan mesin pencacah sampah. Saat ini bank sampah tersebut telah memiliki 80 orang nasabah, dengan 5 unit sub bank sampah.

Dalam rangka memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pemanfaatan pekarangan melalui penghijauan, pada hari Rabu, 11 Mei 2016, CARE LPPM IPB mengadakan pelatihan pemanfaatan sampah untuk budidaya tanaman obat keluarga (Toga) dan sayur-buah di pekarangan. Pelatihan dilakukan di Bank Sampah Serbaguna Desa Karanganyar. Peserta pelatihan adalah ibu-ibu PKK Desa Karanganyar dan pengelola Bank Sampah Serbaguna. Pelatihan juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karangayar dan perwakilan CSR PT. Pertamina EP Jatibarang Field.

Pelatihan menghadirkan instruktur Yulia Puspadewi Wulandari dan Adi Firmansyah, Staf Peneliti CARE LPPM IPB. Poin dari materi yang disampaikan adalah bagaimana melakukan budidaya tanaman di lahan yang sempit, salah satunya dengan cara hidroponik dan vertikultur. Hal lain yang menjadi point penting adalah bagaimana memanfaatkan limbah/sampah untuk dimanfaatkan menjadi wadah atapun media tanaman. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik penanaman dan penataan tanaman di pekarangan bangunan Bank Sampah Serbaguna.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karanganyar, Ibu Toto, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau sangat berterima kasih kepada Tim Pendamping CARE LPPM IPB dan PT Pertamina EP Jatibarang Field yang telah memfasilitasi kegiatan ini, termasuk pendampingan Bank Sampah. Perwakilan PT Pertamina EP Jatibarang Field, Kiki M Rijkie menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bukti komitmen perusahaan untuk mendukung Desa Karanganyar sebagai desa bersih dan hijau. (as/af)        

 

Dokumentasi Proses Penanaman Toga dan Sayuran

berita2

Gambar 2  Proses Pencampuran Media Tanam

berita

Gambar 3 Pelatihan Tata Cara Penanaman Toga dan Sayuran

berita1

Gambar 4 Peserta Pelatihan Melakukan Penataan Tanaman di Pipa Hidroponik