container rowdiv id=

Peduli Sampah, PT Bumi Resources dan CARE IPB University Latih Warga Kebalen Kelola Sampah Rumah Tangga

20200222_124802 (crop)Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, menjadi momen bagi seluruh pihak untuk berpartisipasi dalam menanggulangi sampah yang telah menjadi masalah global. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah sampah yang dihasilkan per orang per hari mencapai setengah kilogram. Dengan asumsi jumlah anggota rumah tangga empat orang per rumah, rata-rata jumlah sampah yang dihasilkan per rumah per bulan mencapai 60 kilogram.
Tanpa adanya pengelolaan sampah yang baik pada setiap keluarga, akan muncul gunungan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) maupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Berangkat dari masalah tersebut PT Bumi Resources, Tbk dan Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University mengajak masyarakat RW 27 Kelurahan Kebalen, Bekasi untuk mulai mengelola sampah rumah tangga melalui sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah pada 22/2 bertempat di Ruang Pertemuan, Kelurahan Kebalan, Bekasi. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran warga masyarakat terhadap tanggung jawab pengelolaan sampah mulai dari tingkat rumah tangga.
Dalam sosialisasi ini ada berbagai teknik yang diajarkan. Mulai dari konsep Cegah, Pilah, Olah, teknik mengelola sampah organik dengan pengomposan, budidaya maggot hingga aplikasi melalui pemanfaatan biopori. Hadir sebagai narasumber adalah Ir Agit Kriswantriyono, MS dan Yulia P Wulandari, SP dari IPB University. Hadir juga Lurah Kebalen, H Martan Edi Wijaya, Ketua Rukun Warga 27, Josaphat Saragih, Ketua RT, tokoh masyarakat dan warga RW 27 Kelurahan Kebalen.
Dalam rangka memperluas sasaran, beberapa strategi yang diterapkan PT Bumi Resources, Tbk dan CARE LPPM IPB University adalah membangun demplot-demplot pengelolaan sampah di beberapa lingkungan rukun warga, bermitra dengan Bank Sampah maupun kelompok masyarakat untuk memberikan percontohan pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga. Langkah lainnya yang akan dilakukan ke depan adalah sosialisasi bersama dengan menggandeng Puskesmas dan sekolah-sekolah di lingkungan Kebalen.
CARE juga telah menempatkan lulusan teknik lingkungan Sekolah Vokasi IPB University sebagai tenaga pendamping masyarakat (Community Development Officer/CDO) di wilayah Kebalen. (wl/Zul)
https://kumparan.com/news-release-ipb/peduli-sampah-pt-bumi-resources-dan-care-ipb-latih-warga-kebalen-kelola-sampah-1suhg72OOQr