container rowdiv id=

Monitoring Tim LPPM IPB ke Demplot Pertanian Terpadu di Desa Raja, Kecamatan Tanah Abang Kab. PALI, Sumsel

Kunjungan Tim Ahli Care LPPM IPB ke Lokasi Pemberdayaan di Sumsel

Kunjungan Tim Ahli Care LPPM IPB ke Lokasi Pemberdayaan di Sumsel

LPPM IPB bekerjasama dengan PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field melakukan pendampingan pertanian terpadu di Kabupaten Pali. Kegiatan pendampingan telah berlangsung mulai April 2016 sampai November 2016. Kegiatan-kegiatan pemberdayaan mencakup budidaya padi, budidaya hortikultura dan budidaya lele. Untuk lebih mengintensifkan pendampingan, LPPM IPB bekerjasama dengan Pertamina EP Asset 2 menempatkan 1 orang sarjana pendamping (bidang pertanian).

Pada tanggal 29 November 2016, Tim IPB yang dikoordinir oleh CARE LPPM IPB berkunjung ke demplot pertanian terpadu desa Raja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Pali Sumatera Selatan dalam rangka kunjungan dan monitoring program pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh LPPM IPB yang bekerjasama dengan CSR PT Pertamina EP Asset 2. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan, kendala dan hambatan kegiatan pendampingan masyarakat.

Tim yang berkunjung adalah Dr. Ir. Dahri, MSi, Ir. Adi Firmansyah, drh Rahmat Hidayat MSi. Kegiatan yang dilakukan selama kunjungan adalah monitoring kegiatan yang ada di lahan seperti bagaimana perkembangan dan pertumbuhan tanaman padi, berapa banyak hasil serta bagaimana pertumbuhan tanaman hortikultura, serta perkembangan untuk budidaya perikanan. Selain itu dilakukan pula diskusi tentang kendala dan hambatan selama program serta saran dan perbaikan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil kegiatan program pendampingan.

Kegiatan kunjungan ini diharapkan meningkatkan semangat dari mitra binaan dan dapat meningkat kesadaran masyarakat bahwa bertani juga dapat memberikan tambahan penghasilan yang tinggi, serta outputnya adalah masyarakat di lingkungan sekitar dapat mencontoh kegiatan pertanian yang dilakukan di demplot.