container rowdiv id=

Implementasi CSR Melalui Program Pengembangat Masyarakat (Pengalaman PT. Pertamina EP. Asset 3 Subang Field)

Implementasi CSR Melalui Program Pengembangat Masyarakat (Pengalaman PT. Pertamina EP. Asset 3 Subang Field)

Penulis: Sumardjo dkk.

ISBN 978-602-71091-0-0

 

Buku ini mengupas tentang dasar-dasar penyelenggaraan program CSR serta pendekatan community development dalam penyelenggaraan CSR dengan studi kasus penyelenggaraan CSR PT. Pertamina EP. Asset 3 Subang Field.

Sebagai sebuah panduan implementasi CSR, buku ini menjelaskan bagaimana penerapan CSR berpotensi dapat menjadi upaya untuk memperoleh licence to operate dari masyarakat setempat, sekaligus menjadi bagian dari risk management perusahaan untuk meredam atau menghindari konflik sosial. Di samping itu CSR juga berpotensi memberikan citra perusahaan yang khas, baik, dan etis di mata publik; dan dapat menciptakan customer loyalty.

Buku ini juga mengupas metoda partisipatif identifikasi potensi sumberdaya masyarakat serta berbagai metode sosial pendukung perencanaan program CSR. Proses pengembangan masyarakat yang dilakukan diuraikan mulai dari penyusunan rencana program, implementasi hingga evaluasi dan penilaian pencapaian program.
Beberapa pelajaran yang diperoleh melalui buku ini antara lain : pelajaran dari beberapa acuan dalam implementasi program CSR, pelajaran dan perspektif pentingnya penerapan program CSR, pelajaran terkait prioritas isu penerapan CSR, pelajaran terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam implementasi CSR, Prinsip-prinsip dalam ISO 26000:2010 (Guidance on Social Responsibility).

Leave a Reply