container rowdiv id=

CARE IPB RAMAIKAN FESTIVAL SAMPAH KEBUN RAYA BOGOR

krb3Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari sekaligus memperingati perayaan 2 abad Kebun Raya Bogor, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PKTKR-LIPI) menyelenggarakan “Festival Peduli Sampah” yang diselengarakan selama 2 hari (Sabtu-Minggu, 25-26 Februari 2017) bertempat di area Kebun Raya Bogor. Kegiatan ini juga sebagai wujud dukungan terhadap program nasional Indonesia Bebas Sampah 2020.  Festival Peduli Sampah KRB diikuti pula oleh beberapa komunitas penggerak kepedulian masalah sampah untuk berbagi pengetahuan dan keterampilannya dalam mengolah dan mendaur ulang sampah menjadi hasil karya yang bermanfaat.

krb1  Pada acara tersebut CARE LPPM IPB beserta kelompok binaan Bank Sampah Serbaguna Karanganyar Indramayu yang juga binaan PT. Pertamina EP Aset 3 Jatibarang, berpartisipasi dalam pameran dan workshop kerajinan berbasis sampah. Pada kesempatan ini kader-kader Bank Sampah Karanganyar berkesempatan berbagi pengetahuan dengan pengunjung KRB dalam membuat kerajinan tangan tas dari sampah plastik.

Kepala PKT KR LIPI, Didik Widyatmoko mengungkapkan, dirinya berharap Kota Bogor juga semakin terdorong memiliki program istimewa untuk mengatasi masalah sampah perkotaan, seperti yang telah dilakukan oleh kota-kota lain.  Untuk itu Ketua HUT ke-200 KRB Joko Ridho Witono menambahkan bahwa Pesan 2017 Festival Peduli Sampah dititikberatkan pada empat aspek yaitu edukasi, kampanye, kerja bakti, dan kompetisi dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar mengurangi konsumsi plastik dan mendaur ulang sampah. Akhir rangkaian acara ditutup dengan aksi pungut sampah, pembuatan kompos dan kunjungan ke rumah kompos Kebun Raya Bogor. (ypw)

krb2