container rowdiv id=

CARE IPB latih warga Doudo kembangkan desa wisata berbasis masyarakat

Pelatihan Desa Wisata Doudo - Gresik (24/10)

Pelatihan Desa Wisata Doudo – Gresik (24/10)

CARE LPPM IPB bekerjasama dengan PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field menggelar pelatihan pengembangan desa wisata berbasis masyarakat dengan tema edukasi lingkungan. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2019 bertempat di area Telaga Doudo.  Kegiatan pelatihan menghadirkan Tim CARE LPPM IPB sebagai narasumber, yaitu: Dr. Dahri Tanjung, Adi Firmansyah dan Surapati. Turut hadir dalam kegiatan ini Ibu Intan sebagai perwakilan dari CSR PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field serta Kades dan  Tokoh Masyarakat Doudo. Peserta pelatihan berjumlah 30 orang yang merupakan kader Desa Doudo.

“Partisipasi masyarakat Desa Doudo dalam mengembangan wisata desa sangat diperlukan. Pengembangan wisata desa berbasis masyarakat ini akan memberikan manfaat dan multiflier effect bagi kemajuan ekonomi masyarakat Desa Doudo,” ujar Dr. Dahri, saat memberikan sambutan acara pelatihan.

Selama ini Desa Doudo telah menerima berbagai penghargaan di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional dalam bidang lingkungan. Desa yang dikenal sebagai desa gersang dan sulit air sebelum tahun 2008 ini juga menjadi wakil provinsi Jawa Timur untuk mengikuti penilaian Program Kampung Iklim (Proklim) yang diselenggarakan oleh Kementerian KLHK tahun 2019.

“Desa Doudo dulunya merupakan desa gersang dan sulit air, namun saat ini malah dikenal sebagai kampung hijau dan asri. Kami mengembangkan kampung tematik di masing-masing RT, antara lain: Kampung Si Cantik Cerdas, Kampung Sayur, Kampung Toga, Kampung 3R, Kampung Elink, dan Kampung Aloevera” demikian sambutan Sutomo, Kades Doudo.

Lebih lanjut Kades yang sudah menjabat tiga periode ini mengatakan: “Kami ingin desa yang sudah kami tata ini memberikan manfaat lebih untuk masyarakat, sehingga kami berencana mengembangkan desa wisata berbasis pendidikan lingkungan. Terima kasih untuk CARE IPB dan Pertamina EP yang sudah mendukung pengembangan desa kami”.

“Desa Doudo berada di wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field. Sejak 2017, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field bekerjasama dengan CARE LPPM IPB telah melaksanakan program pengembangan masyarakat di Desa Doudo” demikian sambutan Intan, CSR PT Pertamina EP Poleng Field.

Lebih lanjut Intan mengatakan: “Berbagai program pengembangan masyarakat melalui CSR Pertamina EP dilaksanakan bertujuan untuk membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan lestari. Untuk itu kami mendukung Desa Doudo menjadi Desa Wisata Pendidikan Lingkungan atau Doudo Agro Edu Tourism”.

Pada sesi pemaparan materi pertama, Adi Firmansyah menyampaikan pentingnya pengelolaan wisata berbasis masyarakat. “Kami menyarankan bahwa pengelolaan wisata di Desa Doudo harus dikelola masyarakat, misalnya melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Dalam pengelolaan wisata desa ini, semua masyarakat harus terlibat dan menikmati hasilnya, misalnya dalam penyediaan homestay, penyediaan makanan, penyediaan cinderamata, dan penyewaan kendaraan wisata”.

Pada sesi pemaparan materi kedua, Surapati menyampaikan desain wisata Desa Doudo. Desain ini merupakan output hasil kajian CARE LPPM IPB yang telah dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Desain ini disusun secara partisipatif bersama masyarakat, dan pembiayaan kajiannya didukung oleh PT Pertamina EP Poleng Field. (af)